Posted On: Desember 22, 2020

Prioritaskan Desa Peduli Lingkungan Darat, Pompa Air Tenaga Surya Laik Menjadi Pilihan

prioritas dana desa tahun 2021

Salah satu prioritas dana desa tahun 2021 adalah mendahulukan urusan lingkungan darat. Sehingga lingkungan darat maupun lingkungan laut dapat merata perkembangannya. Lingkungan darat menjadi sangat penting karena mayoritas kehidupan masyarakat di Indonesia berada di darat.

Kesenjangan pemerataan ekonomi masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang sampai saat ini masih belum terselesaikan. Stimulus yang dapat dilakukan dengan efisien adalah dengan memajukan perekonomian melalui pembangunan infrastruktur ramah rakyat kecil di semua lini. Termasuk salah satunya di lingkungan darat.

Lingkungan darat menjadi objek khusus yang dimunculkan pemerintah melalui prioritas dana desa tahun 2021. Pembangunan irigasi, sanitasi, dan penyediaan air bersih termasuk fokus untamanya. Desa-desa di Indonesia berpotensi untuk perkembangan di lingkungan darat.

Banyak daerah yang sebenarnya subur tanahnya, akan tetapi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik karena minimnya ketersediaan air. Untuk benarlah jika pembangunan infrastruktur di lingkungan darat ini menjadi prioritas dana desa tahun 2021.

Membangun Sistem PATS – Desa Palanggai Menjadi Cerminan Pembangunan Lingkungan Darat Sempurna

prioritas dana desa tahun 2021

Desa Kecil yang terletak di Sumba Timur ini memiliki tipologi daerah yang gersang dan berbukit. Akses listrik konvensional danketersediaan air bersih belum tersedia dengan baik di desa ini. Dengan persentase kemiskinan 200% dari standar nasional, Desa palanggai berada pada 26% persentase kemiskinan di Indonesia.

Pertanian menjadi mata pencaharian utama mayoritas di desa ini. Sebanyak 80% warga desa hanya mengandalkan pertanian dengan sistem tadah hujan. Iklim yang tidak menentu menjadikan kondisi lahan semakin memburuk. Kekeringan yang berkepanjangan perlahan menerjang desa ini.

Dampak dari itu semua, akses air bersih untuk keperluan rumah tangga seperti air minum, memasak, mandi, mencuci tidak ada lagi. Jika pun ingin mendapatkan semua akses itu, warga harus rela berjalan sejauh 12 km untuk mendapatkan air laik pakai yang sebenarnya juga tidak terlalu bersih. Setiap liternya warga juga harus mengeluarkan uang sebanyak seribu rupiah.

Baca Juga:

Melihat itu semua, beberapa organisasi peduli lingkungan memanfaatkan pompa air tenaga surya untuk membantu menyelesaikan kesulitan warga ini. Pompa air tenaga surya dirancang dengan energi bersih dan terbarukan yang tersedia melimpah di Desa Palanggai, Sumba. Tanpa memerlukan jaringan listrik konvensional. Tindakan ini untuk memperkuat iklim komunitas pedesaan.

Warga tidak perlu lagi berjalan jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya dengan menggunakan sistem PATS ini. Setiap bulan warga hanya membayar iuran operasional sepuluh ribu rupiah. Sistem ini sangat bermanfaat bagi warga Palanggai. Mereka setiap hari dapat mandi dengan bersih, memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga, bahkan untuk menanam sayuran yang dikonsumsi keluarganya. Pengolahan ikan, peternakan, pertanian dan berbagai peluang lain menjadi terbuka untuk warga karena akses air ini sudah diberikan dengan baik oleh PATS di desa ini.

Optimalisasi Pembangunan Lingkungan Darat dengan Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

prioritas dana desa tahun 2021

Pembangunan lingkungan darat menjadi salah satu program penting prioritas dana desa tahun 2021. Banyak hal yang masih dapat dilakukan agar pemerataan ekonomi nasional dapat tercapai dengan memperhatikan pembangunan infrastruktur pembangunan darat desa.

Desa merupakan ujung tombak bergeliatnya perekonomian bangsa. Selama ini mayoritas warga desa hanya bergerak sebagai konsumen saja, dan saat inilah waktunya untuk berkontribusi sebagai produsen utama terutama di sektor pangan, pertanian, perkebunan, dan peternakan. Bahkan pemerintah telah memikirkan rencana strategisnya dalam prioritas dana desa tahun 2021 sebagai perhatian untuk hal ini.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) merupakan sistem yang tepat untuk dikembangkan dalam upaya optimalisasi pembangunan lingkungan darat desa, terutama untuk tipologi desa kering, jauh sumber air, dan belum teraliri listrik. PATS dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan vital warga desa, seperti keperluan rumah tangga sampai dengan keperluan irigasi. Bahkan PATS juga dapat dimanfaatkan untuk peternakan dan perikanan.

Dengan penerapan sistem PATS pada setiap desa akan memberikan berbagai manfaat di banyak lini. Termasuk di dalamnya manfaat untuk mengoptimalkan penyerapan prioritas dana desa tahun 2021. Manfaat ini akan tersebar untuk warga desa sendiri seperti kemudahan dalam mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi, peternakan, dan pertanian. Dengan adanya akses ini maka peluang warga untuk meningkatkan perekonomiannya menjadi semakin tinggi. Ayok manfaatkan PATS untuk pembangunan lingkungan darat desa. Peduli lingkungan, peduli desa, berarti turut berupaya untuk kemakmuran bangsa.

Baca Juga: Prioritas Dana Desa 2021 Untuk Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *