Posted On: April 7, 2021

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya – Sekilas tentang Prinsip dan Manfaatnya

pompa air tenaga surya

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya – Kebutuhan utama manusia dalam berkehidupan adalah air. Air bermanfaat untuk dapat digunakan dalam berbagai kegiatan. Baik itu untuk konsumsi pribadi, kebutuhan rumah tangga, irigasi pertanian, peternakan, bahkan sampai kebutuhan industri. Keberadaan air bersih sangat penting untuk manusia, namun belum semua masyarakat dapat menikmati keberadaannya dengan baik.

Dewasa ini teknologi penyedia air bersih bagi warga semakin dikembangkan, agar mendapatkan alat yang efisien dan ramah lingkungan. Pompa air tenaga surya (PATS) merupakan salah atu teknologi mutakhir yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber utama penggeraknya. Melalui cara kerja pompa air tenaga surya yang ramah lingkungan, menjadikan PATS sebagai solusi paling tepat untuk air sehat bagi warga.

Energi surya merupakan salah satu energi yang terus ada dan dapat diperbarui keberadaannya. Energi surya sangat efektif untuk digunakan dalam menghasilkan energi listrik, terutama di Indonesia ini. Dengan adanya sinar matahari setiap tahun, tenaga matahari sangat cocok untuk diaplikasikan dalam PATS. Cara kerja pompa tenaga surya sangat ringkas dan minim biaya operasional.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Terdapat banyak keuntungan dengan memanfaatkan cara kerja pompa air tenaga surya mulai dari energi cara kerja yang praktis, energi yang ramah lingkungan hingga biaya perawatan yang relatif rendah. Aplikasi PATS di berbagai daerah di Indonesia telah banyak membantu dalam menangani berbagai permasalahan seputar ketersediaan air. Daerah yang semula masih kesulitan akses air bersih kini sudah sangat dimudahkan untuk mendapatkannya.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya?

cara kerja pompa air tenaga surya

Cara kerja pompa tenaga surya adalah dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Sinar matahari yang dipancarkan oleh alam akan langsung ditangkap oleh panel surya yang selanjutnya dikonversi menjadi energi listrik. Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya adalah berupa arus listrik searah (DC). Dari arus DC ini dapat langsung dimanfaatkan oleh alat-alat yang berbasis arus DC, atau dikonversi ke arus bolak-balik (AC) menggunakan inverter jika ingin digunakan untuk alat-alat berbasis AC. Sisa energi dapat disimpan di dalam baterai untuk penggunaan selanjutnya atau pada malam hari.

Untuk mendukung cara kerja pompa air tenaga surya, arus listrik DC yang sudah dihasilkan terebut akan langsung dialirkan ke pompa sebagai tenaga penggeraknya. Pompa air tenaga surya yang dipakai dalam sistem ini adalah jenis pompa submersible atau pompa air celup. Pompa celup dipilih karena dianggap lebih efisien.

Dengan menggunakan pompa celup, Anda tidak perlu lagi memakai pipa hisap yang sering mengalami kebocoran di pipa hisap, sehingga membuat pompa sulit menghisap air. Dengan memanfaatkan pompa hisap, pompa cukup dicelupkan saja ke sumber airnya, dan pompa pun sudah bisa dioperasikan.

Sistem DC Menghadirkan Keuntungan Berlebih

Cara kerja pompa air tenaga surya yang memanfaatkan pemakaian listrik DC pada pompa ini juga mendatangkan keuntungan tersendiri. Hal ini dikarenakan arus DC lebih dikenal memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Selain itu, listrik dengan arus DC merupakan listrik yang langsung dihasilkan oleh panel surya, sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk memasang inverter guna mengkonversi arus listrik dari DC menjadi AC.

Anda hanya perlu untuk menyalurkan langsung arus yang dihasilkan oleh panel surya melalui control pengaman ke pompa. Cukup mudah dan ringkas bukan Cara kerja pompa tenaga surya. Jangan tunggu waktu lebih lama lagi, jadikan pompa air tenaga surya terbaik sebagai pilihan tepat teman kesuksesan anda.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *