Agustus 3, 2020

Hemat Listrik Dengan Pompa Air Tenaga Surya

panel surya sanspower

Keberadaan dari pompa air tenaga surya menjadi inovasi yang baik sebagai solusi untuk wilayah-wilayah terpencil di Indonesia yang masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Karena diketahui bersama bahwa air adalah kebutuhan primer setiap harinya demi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, baik untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan sebagainya. Dan keberadaan air bersih sangatlah penting dan berpengaruh pada setiap orang yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, adanya pompa air dengan tenaga surya ini menjadi jalan keluar bagi wilayah-wilayah tersebut.

Di samping itu, Indonesia sendiri merupakan negara yang selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dan hal ini sangatlah menguntungkan untuk bisa mendukung pompa air tersebut beroperasi tanpa harus menggunakan tenaga listrik dari PLN, yang mana beberapa wilayah di Indonesia juga masih kesulitan untuk mendapatkan listrik PLN.

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

pemasangan pompa submersible

Pada mulanya pompa ini mendapatkan pasokan energi yang berasal dari panel surya secara langsung untuk kemudian bisa memompa air hingga ketinggian dan jarak yang dibutuhkan. Hal ini pun hanya bisa dilakukan saat waktu pagi sampai sore hari, di mana saat itulah akan mendapatkan cahaya matahari dalam jumlah yang cukup dan akan berkurang saat malam tiba. Dengan begitu, pompa tersebut otomatis akan berhenti untuk beroperasi.

Pompa ini setiap harinya akan melakukan proses tersebut dengan durasi waktu sekitar 6 sampai 8 jam setiap harinya untuk bisa mengisi tandon air yang disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan. Namun, jika Anda menggunakan pompa tenaga surya, maka tidak dianjurkan untuk menyimpan energi listrik tersebut di dalam akumulator. Akan lebih baik jika memperbesar penyimpanan air dilakukan di tandon air agar kebutuhan air di malam hari bisa tetap terpenuhi.

Baca Juga:

Membantu Efisiensi Penggunaan Listrik PLN

Melalui penggunaan pompa air dengan dukungan tenaga surya ini tentu saja akan membantu di dalam mengefisiensikan penggunaan listrik PLN. Di mana jika Anda menggunakan listrik PLN, otomatis Anda akan membayar sejumlah biaya untuk listrik tersebut setiap bulannya. Namun, dengan tenaga surya, maka energi listrik yang Anda dapat adalah secara alami dengan sinar matahari. Sehingga pompa tersebut akan dapat difungsikan secara mandiri dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi kebun, atau untuk kebutuhan lainnya.

Namun, penggunaan tenaga surya menjadikan penggunaan sistem pompa ini pun terbatas. Karena Anda hanya bisa mendapatkan sinar matahari disaat pagi hingga sore hari saja. Sedangkan di malam hari Anda tidak bisa mengoperasikannya.

Di Mana Saja Pompa Tenaga Surya Diletakkan?

pemasangan panel surya pompa submersible

Pompa air tenaga surya ini bisa diletakkan di berbagai tempat yang strategis dan tentu saja keberadaannya akan sangat membantu di wilayah tersebut untuk mendapatkan air bersih terlebih untuk daerah dengan masalah dukungan listrik. Anda bisa menempatkannya di daerah-daerah terpencil atau pulau-pulau yang kecil serta daerah yang belum terjangkau oleh PLN. Sehingga untuk bisa mendapatkan energi listrik, masyarakat di wilayah tersebut bisa memanfaatkan dari alam berupa sinar matahari.

Selain itu, pompa tersebut juga bisa diletakkan di beberapa area, baik area wisata, perkebunan, maupun pertambangan. Yang mana di area tersebut tentu saja akan membutuhkan pasokan listrik dan air dalam jumlah yang tidak sedikit. Apalagi jika perkebunan dan pertambangan tersebut memiliki lahan yang sangat luas. Tentu saja setiap bulannya akan banyak menguras anggaran untuk membayar tagihan listrik. Sehingga, solusi menghemat anggaran untuk pembayaran listrik bisa dengan menggunakan pompa air dengan menggunakan tenaga surya yang energinya bisa Anda ambil secara gratis.

Dengan memberikan pelatihan yang baik untuk masyarakat di wilayah tersebut, maka hal ini akan menjadi upaya untuk bisa memanfaatkan energi matahari sebagai penghasil energi yang tentu saja dijamin bersih dan ramah terhadap lingkungan. Dengan edukasi pada masyarakat tentang penggunaan teknologi tenaga surya, diharapkan penggunaan teknologi tersebut dapat bertahan untuk waktu yang lama. Sangat penting untuk ikut mengetahui bagaimana teknologi bekerja sehingga kita bisa ikut menjaga keberlangsungan penggunaan teknologi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *